Cara Melihat Spesifikasi VGA Laptop dan Komputer

· · 2 komentar
Assalamu'alaikum, wr.wb

Cara Mengetahui Detail VGA Pada Komputer dan Laptop - Meminjam pengertian VGA dari Wikipedia VGA adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBMpada tahun 1987. Video Graphics Array (VGA) ini biasa dinamakan juga dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah VGA sendiri juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor.

Mengetahui detail VGA pada sebuah komputer maupun laptop sangat diperlukan ketika akan melakukan penginstalan driver maupun untuk melakukan update Driver VGA tersebut. Karena jika VGA yang diinstall tidak sesuai dengan spesifikasi, akan bisa berakibat fatal dan terjadi error hingga layar menjadi blank maupun bluescreen.

Ada banyak cara untuk mengetahui detail VGA laptop dan PC :

  1. Dengan mengunjungi situs laptop atau komputer yang kita miliki. Biasanya disana sudah diterangkan spesifikasi atau detail dari produk. Mulai dari jenis chipset, processor, RAM, VGA, Hardisk dan lain sebagainya. 
  2. Melihat spesifikasi VGA pada kotak atau pembungkus VGA. 
  3. Dengan mencopot langsung VGA Card yang ada pada komputer kita. Namun cara ini tentu tidak memungkinkan untuk laptop, karena laptop pada umumnya dengan system VGA model onboard. 
  4. Dengan mengetikan dxdiag pada kotak pencarian di Start. Kemudian pilih tab display, seperti screenshoot dibawah ini. 
cara mengetahui detail VGA laptop dan komputer

Disamping cara ketahui jenis VGA yang digunakan seperti poin diatas, kita juga dapat menggunakan software untuk melihat seluruh informasi VGA  laptop dan komputer. Namun terdapat beberapa kendala khususnya komputer yang belum terinstall VGA sehingga software tidak mampu menentukan spesifikasi VGA. 

Itulah beberapa langkah atau cara mengetahui detail VGA laptop dan juga PC (Komputer). Semoga bermanfaat bagi kita semua. (content by DAnish)


2 komentar: