Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Tidak Terdeteksi

· · 2 komentar
Assalamu’alaikum wr.wb.

Penyebab Cartridge Printer Tidak Terbaca - Selamat malam sahabat semua, berjumpa lagi dengan blog tekno, dalam postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi cartridge printer canon, baik tipe ip maupun MP ataupun MG yang tidak kedetect. Penyebab terjadi seperti itu karena ada kotoran atau tinta yang mengalir kesensor cartridge ataupun ke sarang tempat cartridge printer tersebut di letakkan. Biasanya peringatan yang akan tampil di layar monitor seperti berikut ini.
langkah-langkah perbaiki cartridge canon rusak
Kebetulan printer yang sedang mengalami masalah ini adalah tipe Canon ip2770, jika tampil seperti ini pada monitor, ambillah kedua cartridge printer tersebut dan bersihkan sensornya, kurang lebih sensor cartridge seperti gambar dibawah ini. Bersihkan dengan menggunakan tisu yang di basahi sedikit air dan usapkan perlahan ke sensor cartridge sehingga bersih dari tinta.

tips mengatasi cartridge printer canon bermasalah

Jika cara ini sudah dilakukan, dan cartridge masih tidak detect, maka ikuti langkah berikut. Buka sarang cartridge sehingga terlihat seperti gambar dibawah ini. Bersihkan area yang di beri kotak merah tersebut. Area tersebut adalah sensor pada sarang cartridge yang berfungsi untuk mendeteksi cartridge printer. Bersihkan dengan menggunakan tisu yang di basahi sedikit air panas. Setelah bersih tunggu beberapa saat sehingga sensor sarang cartridge tersebut kering.
cara memperbaiki cartridge tidak respon di printer
Printer pun kembali normal seperti biasa. Tetapi jika kedua cara itu sudah dilakukan coba sobat ganti cartridge color atau black, kemungkinan cartridge rusak, dan apabila cartridge sudah diganti dan juga tidak bisa, maka bisa di pastikan sarang cartridge printer sobat rusak. Jika sudah rusak, maka harus di ganti yang baru, atau sobat kanibal dari printer canon yang lain, asalkan tipe inkjet sarang cartridge akan tetap sama. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba, sampai jumpa lagi di postingan saya selanjutnya. Enjoy it!!

Baca juga Langkah mudah reset canon ip1980

2 komentar: