Cara Mudah Mencari Persentase di Excel

· · 0 komentar
Assalamu'alaikum, wr.wb

Menghitung Porsenrtase di Microsoft Excel - Persentase atau kadang diistilahkan dengan porsentase merupakan perseratus sebagai angka perbandingan dari nilai suatu angka atau bisa diartikan rasio dari pecahan seratus. Menghitung persentase dari suatu permasalahan terkadang sulit bagi sebagian orang, mungkin karena tidak tahu caranya atau hitungan angkanya terlalu rumit.

Untuk mencari nilai persentase sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan kalkulator, namun ada yang lebih praktis lagi yaitu mencari persentase dengan menggunakan Ms. Excel. Dengan Microsoft Excel akan memudahkan kita menghitung berapun pembagian atau perkalian yang akan dijadikan sebagai acuan untuk mencari nilai persentase.

Untuk mencari nilai persentase di excel kita akan menggunakan studi kasus dibawah ini :

Mas Karyo mempunyai usaha berdagang Laptop dengan merek ASUS. Di tokonya ia memiliki sebanyak 25 laptop merek Asus. Pada akhir bulan dilakukan perhitungan, ternyata laptop tersebut berhasil terjual sebanyak 12 laptop. Berapa persenkah laptop Mas Karyo sudah terjual?

Secara manual kalau untuk mencari persentase diatas adalah : 12/25 dikalikan 100.

Mas Karyo mengeluarkan modal untuk satu buah laptop Rp. 3.000.000, sementara dia menjualnya dengan harga Rp. 3.400.000,-. Berapa persenkah keuntungan Mas Karyo dari satu buah laptop yang berhasil terjual?. 3.400.000,- -3.000.000,- = 400.000,-
400.000,- /3.000.000 kali 100

Untuk kedua kasus tersebut cara perhitungannya sama yaitu seperti screenshot dibawah ini :
cara cari persen di excel dengan mudah
 Persentase keuntungan laptop Asus setelah diketahui jumlah keuntungan
cara menghitung porsentase di microsoft excel
Sebenarnya rumus dalam menghitung persentasi di Excel diatas bisa disederhanakan.

12/25%
400000/3000000%

Memang bahasan tentang cara cari persentase di Excel ini terkesan ringan ya.. namun coba banyangkan jika kita mencari nilai persentase dengan data yang sangat banyak sekali, tentu ini akan membuat kita repot dengan menghitung satu persatu menggunakan kalkulator. Dengan Microsoft Excel kita tinggal mengcopykan rumus yang telah diterapkan kepada Cell lain yang ingin dicari persentasenya. Semoga bermanfaat. (Content by DAnish).

Baca juga Cara mengatasi pesan Not Responding di Win7

0 komentar:

Post a Comment