Fungsi Pasta untuk Processor Laptop dan Komputer

· · 0 komentar
Mengenal Thermal Paste dan Cara Penggunaannya - Pasta Processor atau disebut juga dengan thermal paste digunakan untuk pendingin processor komputer dan laptop. Sehingga pasta sangat berperan penting dalam proses pendinginan otak komputer (Processor) agar terhindar dari overheat yang dapat berakibat fatal dan membuat komputer menjadi blank. Pasta diletakakan diatas processor atau dibawah heatsinc fan atau kipas pendingin dari processor.

Thermal paste secara garis besar berfungsi untuk menghambat panas yang berasal dari processor menuju ke heatsink agar mudah dilepaskan panasnya keudara. Berbagai macam merek dan harga pasta processor dapat kita jumpai dipasaran khususnya ditoko-toko komputer terdekat. Harganya berkisar 20 ribu hingga 100 ribu rupiah. 
apa itu pasta dan cara menggunakannya

Semakin tinggi harga dari thermal pasta maka kualitasnya semakin bagus. Jika komputer anda termasuk kategori yang cepat panas, disarankan untuk memakai pasta yang berkualitas agar dapat bekerja maksimal untuk meredam panas dan menghindari processor dari overheat. 

Apakah pasta processor sama dengan pasta gigi, mengingat namanya sama?. Pasta gigi merupakan salah satu jurus ampuh ketika pasta processor tidak ada. Namun pemakain pasta gigi untuk pendingin processor tidak akan bertahan lama. Karena lewat dari tiga bulan anda harus menggantinya dengan pasta yang baru. 

Jika aktifitas di komputer atau laptop anda tergolong berat seperti menjalankan game-game yang mempunyai resolusi tinggi atau sering membuka aplikasi yang dapat menguras RAM dan kinerja processor, maka jangan samapi pasta processor laptop atau komputer anda habis dan mengering tidak berfungsi lagi. 

Walaupun ini termasuk hal sepele menurut sebagian orang, bahkan mungkin jarang diketahui para user, pantaulah suhu processor komputer anda dengan menggunakan software yang sudah banyak di sharing di google. Atau dengan melihat langsung di jendela BIOS.

Menurut standar, pemasangan pasta pada processor dengan meletakkan satu titik sebesar jagung ditengah-tengah chip. Lalu tekan tekan dengan pemasangan heatsink. Namun sebagian orang mengoleskannya dengan cara merata dipermukaan processor. Kedua cara tersebut sama-sama benar, yang penting jangan terlalu over. 


0 komentar:

Post a Comment