Cara Menggunakan VPS untuk Pemula yang Singkat dan Jelas

· · 0 komentar
Virtual private server atau yang sering diseebut dengan VPS ini merupakan suatu server yang bersifat vitual dan dapat digunakan secara penuh selama 24 jam. Mungkin belum banyak orang yang tahu cara menggunakan VPS untuk pemula. Nah, di sini akan dijelaskan secara lengkap mengenai VPS itu sendiri atau yang dalam bahasa mudahnya juga diartikan sebagai komputer yang memiliki sifat virtual atau tak nyata. Tentu saja lokasi VPS tersebut berdasarkan pada penentuan lokasi yang diinginkan pada saat memesan atau menyewa VPS dari ISP mana saja. Umumnya lokasi VPS yang ditawarkan ialah London, Singapore, New York, Washington, Atlanta, Japan, Netherland, dan lain sebagainya tergantung dari penyedia server tersebut mempunyai server di mana saja. 

Setelah menyewa suatu VPS dari penyedia maka hal yang perlu diperhatikan adalah memeriksa detail VPS seperti Id dan juga password yang telah diberikan. Setelah itu, catatlah data-data yang ada tersebut guna melakukan login ke VPS melalui SSH client. Cara menggunakan VPS untuk pemula memang tak mudah. Sebagian besar pemula akan merasa bingung mengenai cara kerja VPS tersebut dan umumnya banyak bertanya apakah memang harus menggunakan sistem operasi linux terlebih dahulu? Ternyata jawabnya tidak harus karena menggunakan sistem operasi lain seperti windows saja juga bisa menikmati VPS. Lalu bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi seperti SSH Client yang sebelumnya juga harus mengdownload aplikasi seperti Putty, Kitty, dan sebagainya.
belajar menggunakan VPS
Berikut ini beberapa langkah menggunakan VPS di windows:

  1. Langkah awal, bukalah aplikasi Putty kemudian masukkan IP VPS, kolom port biarkan terisi default 22 lalu klik open. 
  2. Setelah muncul permintaan login silahkan masukan saja root dan enter. 
  3. Selanjutnya akan ada permintaan password yang dapat diisikan sesuai dengan password yaang diberikan oleh pihak pemberi VPS. 
  4. Selain itu, bisa juga melakukan pengaturan atau melakukan update terlebih dahulu dengan apt-get update (debian) untuk centos dan untuk update bisa dengan perintah yum update. 
  5. Sementara itu, bagi pengguna Mac OS silahkan untuk menggunakan open SSH macOS X. Nah, cara menggunakan VPS untuk pemula bagi pengguna linux tidak perlu menginstal aplikasi lainnya lagi dan langsung saja menggunakan terminal yang ada.
Selanjutnya Inilah pengertian, fungsi dan cara kerja Web Server

0 komentar:

Post a Comment