Awas! Penggunaan Charger Abal-Abal Bisa Merusak Smartphone dan Tips Mencegah Smartphone Rusak

· · 0 komentar
Awas! Penggunaan charger abal-abal bisa merusak smartphone! Sepertinya, bagi para pengguna smartphone harus memperhatikan baik-baik peringatan tersebut. Penyebab kerusakan smarphone memang cukup banyak, dan charger adalah salah satunya. Pada dasarnya, para pengguna smartphone tidak menyadari bahwa melakukan isi ulang atau recharging justru akan memperpendek umur baterai smartphone, apalagi jika charger yang digunakan bukanlah charger orisinil, melainkan charger abal-abal. Hal ini dikarenakan, walaupun ukuran lubangnya sama dan memang bisa melakukan recharging, namun kenyataannya, daya pengisian untuk masing-masing merk besarnya berbeda-beda. Proses isi ulang baterai smartphone dengan menggunakan charger yang dayanya lebih tinggi dari biasanya memang dapat menyebabkan smartphone menjadi rusak.

Proses pengisian ulang memang sering diabaikan, yang terpenting smartphone dapat terisi dan masalah selesai. Tapi ternyata, voltase yang dikeluarkan oleh charger yang dayanya lebih tinggi dari biasanya tidak melalui proses filtrasi dengan baik, sehingga terjadi pengalihan tenaga berfrekuensi tinggi. karena itulah peringatan ‘Awas! Penggunaan charger abal-abal bisa merusak smartphone!’ benar-benar tidak bisa diabaikan. Kerusakan akibat charger abal-abal ini memiliki gejala umum seperti pada saat proses pengisian, layar touchscreen tidak dapat dioperasikan. Bahkan jika hal ini terus berlanjut dapat menyebabkan touchscreen mati dan mengalami kerusakan secara permanen. Sungguh besar pengaruh penggunaan charger bagi smartphone.
charger tidak asli dapat merusak smartphone
Untuk mencegah kerusakan smartphone, ada beberapa tips melakuka charging smartphone dengan baik dan benar. Pertama adalah dengan menggunakan charger orisinil agar baik input maupun output smartphone itu sesuai dengan kemampuannya. Kedua adalah mengecek kondisi charger. Jika pada saat charging mengeluarkan bunyi yang aneh, sebaiknya segera dicabut, begitu juga jika proses charging baterai telah full. Ketiga adalah menghilangkan kebiasaan penggunaan smartphone saat charging, karena akan menyebabkan smartphone menjadi cepat panas. Terakhir adalah jangan sampai memasang charger pada stop kontak jika tidak sedang melakukan proses charging karena dapat membuat charger menjadi rusak jika arus listrik sedang tidak stabil. Itulah 4 tips yang bisa dilakukan sebagai upaya merawat smartphone anda. Jadi, sekali lagi, jangan abaikan peringat ‘Awas! Penggunaan charger abal-abal bisa merusak smartphone!’ jika anda masih sayang dengan smartphone anda.

0 komentar:

Post a Comment