Mau Tau Sepenting Apakah Penggunaan UPS Untuk Komputer? Inilah Jawabannya

· · 0 komentar
UPS atau Uninterruptible Power Supply merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk back up atau penyedia daya listrik cadangan untuk komputer. Lalu, sepenting apakah penggunaan UPS untuk komputer? UPS sangat penting untuk menyediakan arus listrik pada saat listrik padam. Hal ini dikarenakan didalam UPS terdapat baterai isi ulang yang merupakan komponen utamanya yang membuat komputer atau laptop dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Tentunya hal ini sangat berguna, apalagi bagi orang-orang yang memang pekerjaan sehari-harinya diharuskan berhadapan dengan komputer, sehingga listrik padam benar-benar menjadi musuh utama mereka, dan UPS lah yang akan menjadi solusinya.

UPS dapat menyimpan pekerjaan anda secara normal dn juga mematikannya dengan normal juga melalui tombol shut down walaupun listrik tiba-tiba mati. Daya backup UPS sendiri sekitar 30 menit, waktu yang cukup lama bukan? Sepenting apakah penggunaan UPS untuk komputer? Fungsi lain dari UPS untuk menjawab pertanyaan itu adalah dapat meminimalisir kemungkinan rusaknya hardware komputer atau laptop karena kondisi listrik yang tidak stabil. Ketidakstabilan ini umumnya terjadi saat malam, karena pada saat malam hari, listrik yang berasal dari PLN mengalami kenaikan dan penurunan. Ketidakstabilan listrik ini akan sangat mengancam keselamatan software maupun hardware, sebut saja RAM, motherboard, hard disk, prosesor, kartu grafis dan juga cd room.
fungsi dan kegunaan UPS pada komputer

Software akan sering membuat program ataupun sistem operasi corrupt dan juga tidak bisa melakukan booting, sedangkan hardwarenya akan mengalami penurunan kinerja software yang cukup parah. Tidak salah jika UPS memang berperan penting terhadap umur komputer maupun laptop. Pemasangan UPS akan menyebabkan arus listrik yang berasal dari stop kontak mengalir menuju UPS barulah menuju power suplay dan menuju motherboard, dan saat mati lampu, otomatis UPS akan mengalirkan daya cadangan yang tersimpan didalamnya menuju komputer. UPS yang baik adalah UPS bermerk atau high end class karena hanya UPS high end class saja yang mampu menyediakan saya cadangan sekaligus menstabilkan arus listrik, hanya saja, harga UPS ini termasuk cukup mahal. Jadi, anda sudah tahu bukan sepenting apakah penggunaan UPS untuk komputer?

0 komentar:

Post a Comment