5 Tips Cara Mempercepat Booting Windows 7 Secepat Kilat

· · 0 komentar
Proses booting komputer memiliki waktu yang berbeda-beda yang bisa dihitung secara akrat dengan menggunakan jam tangan. Cepat atau lambatnya proses booting sendiri bisa disebabkan karena software maupun hardware. Sangat menjengkelkan jika proses bboting memakan waktu yang lama sehingga cara mempercepat booting windows 7 secepat kilat banyak dicari oleh banyak orang. jika ingin proses startup berjalan lebih cepat, maka pengaturan default windows 7. Kinerja CPU juga mempengaruhi proses startup. Karena itulah, sebaiknya melakukan upgrade beberapa perangkat hardware seperti RAM, processor dan juga motherboard agar windows 7 tidak perlu menghabiskan waktu lama hanya untuk menunggu booting.

Ada beberapa tips cara mempercepat booting windows 7 secepat kilat adalah:

1. Secara berkala, defrag hard disk koputer
Defrag hard drive maksudnya menata ulang semua data. Tenang saja, tidak akan berbahaya atau sampai data-data yang ada hilang atau terhapus saat anda melakukan defragment untuk windows.
cara mempercepat booting windows 7
2. Memanfaatkan Disk Cleanup Windows
Aplikasi bawaan dari windows 7 ini akan berfungsi untuk membersihkan junk file, baik berupa log file maupun temporary file yang nantinya akan membuat tercipta ruang kosong hardisk sehingga proses booting berjalan secepat kilat.

3. Mematikan proses startup yang tidak perlu
Cara melakukannya adalah memilh menu ‘run; pada start menu’ lalu menuliskan msconfig. Setelah itu, uncheck semua program yang tidak baik untuk windows.

Selain 3 tips diatas, ada beberapa tips cara lagi yang akan mempercepat booting windows 7.

4. Jangan mempercayai program antivirus
Semua pengguna komputer pastinya memasang antivirus enrah itu free edition maupun yang menggunakan lisensi full version. Namun, penggunaan antivirus itu sendiri terkadang tidak optimal dillakukan sehingga membuat booting manjadi lama.

5. Minimal Free Space Hard Drive
Drive tempat anda menginstal windows 7, kondisinya minimal harus 20% free space jika tidak ingin boosting berlangsung lama.

Itulah 5 tips cara mempercepat booting windows 7 secepat kilat dan semaksimal mungkin yang akan membuat kinerja komputer semakin meningkat dan tidak lama loading.

0 komentar:

Post a Comment