Cara Mengatasi Pesan Not Responding di Win7

· · 0 komentar
Assalamu'alaikum, wr.wb

Penyebab Komputer Sering Not Responding - Pernakah sobat merasa jengkel dan hampir saja nendang kulkas gara-gara komputer atau laptop tiba-tiba not responding? saya sendiri juga sering mengalami program komputer not responding ding. Tapi jangan panik dan memutuskan untuk segera melakukan install ulang laptop maupun PC sobat, karena penyebab not responding pada program komputer bisa diselesaikan dengan trik dan langkah-langkah untuk mengatasi software not responding dan tidak bisa dibuka.

Adapun penyebab not responding yang sering kita jumpai pada system operasi Windows adalah disebabkan oleh kerusakan software dan dibeberapa kasus karena kemampuan hadware yang kurang memadai. Disamping itu aplikasi yang banyak terinstall, sehingga tidak sebanding dengan spek komputer sobat juga dapat mengakibatkan komputer mengeluarkan pesan eror not responding.
cara mengatasi komputer sering not responding
Tampilan yang berlebihan pada layar Destop PC sobat seperti gadget, shortcut program atau aplikasi yang banyak ditambah dengan skin pack, sementara RAM laptop maupun PC tidak memadai, maka komputer akan sering mengalami not responding karena tampilan berlebihan tersebut bisa menghabiskan resource RAM.

Dan satu hal lagi yang juga jarang diperhatikan adalah banyaknya aplikasi atau program komputer yang berjalan di latar belakang. Aplikasi yang tidak suport dengan system operasi (OS) Windows kerap menjadi error not responding sering muncul di Komputer.

Masalah klasik seperti malware maupun virus, trojan juga akan membuat program yang terinstall dan system operasi bisa mengalami crash. Performan hardisk yang sudah menurun juga tidak menutup kemungkinan akan keluarga not responding pada Win7 sobat.

Dengan memahami penyebab-penyebab komputer not responding diatas, maka langkah untuk mengatasinya dengan melakukan hal-hal dibawah ini :

  1. Segera uninstall kemudian install kembali software yang mengalami not responding.
  2. Pastikan aplikasi yang sobat install kompitable dengan system operasi yang digunakan.
  3. Kosongkan hardisk minimal seperempat dari total kapasitas.
  4. Upgrade RAM komputer sobat.
  5. Lakukan scaning total untuk membersihkan komputer dari malware maupun virus.
  6. Hindari bekerja dengan multi tasking jika spek komputer yang digunakan rendah.
  7. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan.
  8. Minimalkan tampilan destop

Beberap tips diatas dapat sobat lakukan untuk mengatasi komputer sering mengeluarkan eror not responding. Semoga bermanfaat. (by DAnish).

Baca juga Cara pasang kabel UTP Cross dengan benar.

0 komentar:

Post a Comment