Cara yang Benar Pasang UTP Cross di RJ 45

· · 0 komentar
Assalamu'alaikum wr.wb

Cara Pemasangan Kabel UTP Dengan Model Cross - Yang dimaksud dengan kabel cross over adalah kabel yang mempunyai susunan berbeda antara ujung yang satu dengna ujung yang kedua. Tipe UTP Cross ini digunakan untuk menghubungkan perangkat keras yang sejenis, misalnya kita akan menghubungkan antara dua buah laptop, menghubungkan atara 2 komputer atau PC. 

Sedangkan untuk tipe Straight kebalikan dari Cross, yaitu digunakan untuk menyambungkan atau menghubungkan dua perangkan yang berbeda, misalnya kita akan menyambungkan komputer dengan hub dan lain sebagainya.

Kalau kita perhatikan jumlah kabel pada UTP ini sebanyak delapan (8) buah dengan warna yang berbeda-beda. Namun baik pemasangan UTP dengan model Cross ataupun menggunakan metode straight, hanya memerlukan empat (4) kabel saja untuk melakukan transfer data yaitu kabel pada pin 1, 2, 3 dan nomor 6.

Untuk membuat atau merangkai kabel UTP dalam bentuk Cross, sobat harus menyediakan alat-alat yang akan digunakan yaitu : Kabel UTP, RJ45, Cripping Tool yang akan digunakan untuk mengunci kabel dengan RJ45, serta RJ 45 LAN tester yagn berfungsi untuk melakukan tes apakah pemasangan kabel yang telah kita buat sudah benar atau belum.

Untuk melakukan pemasangan pada kabel UTP type Cross perhatika gambar dibawah ini :

Cara yang benar pasang UTP cross di RJ 45
1. Putih orange                              
2. Orange                                      
3. Putih Hijau                                
4. Biru                                          
5. Putih Biru                                  
6. Hijau                                        
7. Putih Coklat                              
8. Coklat  

1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Putih Orange
4. Biru
5. Putih Biru
6. Orange                           
7. Putih Coklat
8. Coklat

Dengan memperhatikan gambar diatas akan lebih memudahkan sobat untuk membuat kabel UTP dengan system Cross. Semoga sharing ini bermanfaat. (by DAnish).

Baca juga Cara mengganti keyboard laptop Acer 4752 dengan mudah.

0 komentar:

Post a Comment