Mengenal Bagian-bagian CPU Beserta Fungsinya

· · 2 komentar
Mengenal Komponen yang ada pada CPU - CPU atau central processor Unit merupakan tempat pusat pemprosesan data pada komputer. Banyak sekali komponen-kompunen yang saling terhubung satu sama lain pada CPU. Diabawah ini adalah komponen-komponen atau bagian-bagian CPU dan fungsinya :

1. Casing
Casing merupakan rumah dari komponen komputer mulai dari motherboard, power supply, hardisk, RAM dan lain sebagainya. Sehingga dengan adanya casing akan melindungi semua komponen yang ada didalamnya. Apakah tanpa casing komputer bisa hidup? tentu saja bisa, karena seperti yang diterangkan diatas fungi dari casing komputer hanyalah untuk pelindung.
fungsi cpu komputer
2. Motherboard
Merupakan papan induk atau diistilahkan dengan mainboard. merupakan komponen induk tempat komponen-komponen yang lain seperti processor, VGA card, RAM, Heatsink, Sound card, Hardisk dan lain-lain. Berbagai macam type motherboard yang dapat dijumpai dipasaran, type tersebut biasanya berdasarkan dari jenis processor.
bagian bagian cpu dan fungsinya
3. VGA Card
VGA card merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan kelayar monitor. Terdapat dua jenis, yang pertama VGA Onboard, yaitu sudah ditanamkan pada motherboard dan VGA card tambahan yang fungsinya juga sama. hanya saja dengan VGA card kita bisa menaikan performance VGA komputer dengan RAM yang lebih tinggi sehingga kinerjanya akan lebih cepat dan bagus dalam menampilkan gambar dengan resolusi tinggi.
fungsi VGA komputer
4. Power supply
Power supply pada sebuah komputer destop (PC) biasanya terletak dibagian belakang atas casing. Fungsi power supply adalah untuk menyalurkan sumber daya listrik ke motherboard, hardisk, DVD-ROOM dan fun tambahan.
fungsi power supply komputer
5. Processor
Processor merupakan sebuah chip yang berbentuk segi empat. Komponen inilah sebagai otak dari komputer untuk pemprosesan data. Semakin tinggi spesifikasi dari processor maka harganya semakin mahal.
fungsi processor komputer
6. RAM
RAM (Random Access Memory) digunakan untuk penyimpanan sementara ketika komputer dijalankan. Semakin besar kapasitas RAM maka performance dari sebuah komputer akan semakin bagus. Untuk saat ini minimal RAM komputer standar 1 GB. Dengan RAM 1 GB sudah mendukung System Operasi Windows 7.
fungsi RAM komputer
7. Hardisk
Hardisk komponen komputer yang digunakan untuk penyimpanan data secara permanen. Satuan besar penyimpanan pada hardisk adalah byte. Hardisk yang beredar dipasaran saat ini berkisar dengan ukuran 250 GB, 500 GB hingga 3 Terabyte.
fungsi hardisk komputer
8. Optical disk drive
Komponen komputer yang satu ini biasa disebut dengan istilah DVD/CD Room. Sebuah hardware yang digunakan untuk membaca maupun menulis kepingan CD/DVD.
fungsi cdroom komputer
Itulah setidaknya 8 komponen bagian-bagian CPU beserta fungsinya masing-masing dari komponen tersebut.

Selanjutnya Fungsi pasta untuk Processor Komputer

2 komentar:

  1. Alhamdulillah hampir semua saya kenal mas, dan sedikit-sedikit bisa ni saya merakit CPU, ya belajar otodidak sih, tapi lumayan lah heehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren itu pak. ga perlu kursus atau kuliah komputer. yang penting mau mencoba.

      Delete