Peluang Bisnis Setelah Lulus SMK Apa?

· · 4 komentar
Tips Memulai Bisnis Lulusan SMK - Salah satu program pemerintah saat ini adalah bagaimana siswa yang lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa siap kerja. Setelah dibekali dengan ilmu yang sebagian besar adalah terapan sesuai jurusan masing-masing serta dilengkapi dengan alat-alat penunjang praktek langsung dilapangan. Tamatan SMK banyak diterima di perusahaan-perusahaan sesuai dengan skill yang merepa miliki berdasarkan jurusan.

Tapi dibeberapa daerah masih banyak yang tamatan SMK nganggur, belum bekerja. Terkadang terlihat miris fenomena ini terjadi, padahal SMK sudah didesain sebagai pencetak sumber daya manusia yang siap kerja. Kenapa tamatan SMK banyak yang menganggur?. Pendapat saya pribadi setelah memperhatikan khususnya anak-anak SMK di lingkungan saya, bukannya mereka tidak siap kerja. Akan tetapi tempat untuk bekerja itu yang tidak sebanding jumlahnya dengan pencari kerja. Apalagi jurusan mereka sebagian besar tidak sinkron dengan badan usaha atau perusahaan dimana mereka tinggal. Misalnya mereka jurusan Komputer jaringan, akan tetapi dilingkungan mereka tidak ada badan usaha seperti Toko komputer atau perusahaan yang bergerak di dunia IT.
bisnis lulusan SMK
Solusinya adalah tamatan SMK harus jeli dan siap untuk membuka bisnis atau usaha. Dengan bekal ilmu terapan yang telah mereka pelajari sangat memungkinkan sekali tamatan SMK memiliki sebuah bisnis dan bahkan nantinya bisa membuka peluang kerja.

Salah satu peluang bisnis untuk tamatan SMK adalah berbisnis Online. Banyak sekali bisnis online yang bisa dikerjakan. Mulai dari jualan online, mengikuti program PPC seperti Google Adsense, Chitika, Infolink, Berbisnis dropsiping atau membuat aplikasi pada system operasi Android. Karena banyak sekali yang sudah sukses di bisnis online seperti Seorang kuli panggul mendapatkan seribu dollar dari aplikasi Android.  

Disamping itu membuka bisnis jasa service komputer, perbaikan printer, instalasi jaringan juga merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi komputer hari ini sudah merupakan kebutuhan dan tidak tergolong bawang mewah lagi. Hampir rata-rata anak SMP hingga perguruan tingi memiliki komputer.

Baca juga DriverPack Solution tool sakti para teknisi Komputer.

4 komentar:

  1. untuk bisnis memang harus didasari dengan keseriusan dan keahlian dasar ya mas :D

    ReplyDelete
  2. Kalau lulusan SMK hidup di desa ya susah harus merantau dulu ke kota agar bisa menerapkan ilmu terapannya semasa di SMK. Kecuali kalau SMK nya jurusan pertanian di desa sangat cocok, itu pun kalau tidak gengsi, masalahnya anak sekarang banyak yang gengsian

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, banyak lulusan sekarang yang gengsi, tidak hanya SMK mas tapi yang lulusan S1 banyak yang gengsi hehe

      Delete