Inilah Pengertian, Fungsi Serta Cara Kerja Web Server

· · 0 komentar
Apa itu pengertian, fungsi serta cara kerja web server? Bagi kita yang awam dengan hal-hal yang berhubungan dengan IT pastinya akan kebingungan, bukan? Ya, artikel kali ini akan membahasnya secara lengkap. Web server atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan server web merupakan perangkat lunak atau software dalam server. Dimana fungsinya adalah untuk menerima permintaan atau request berupa halaman website yang melalui protokol HTTP dan atau HTTPS dari si klien yang biasa kita kenal dengan nama browser. Kemudian mereka akan mengirimkan kembali jawaban atau respons asli permintaan itu dalam bentuk halaman-halaman website yang pada umumnya berbentuk dokumen-dokumen HTML. Jadi, dapat ditarik garis besarnya bahwa web server adalah seperti pemberi layanan bagi si website klien atau browser seperti:

a. Internet Explore
b. Mozilla
c. Google Chrome
d. Safari, dan sebagainya untuk tujuan agar browser dapat menampilkan halaman atau data yang diminta.
pengertian dan cara kerja webserver

Bahasan mengenai pengertian, fungsi serta cara kerja web server selanjutnya yaitu mengenai fungsi dari web server. Web server berfungsi memindahkan berkas yang diminta oleh pengguna lewat protokol komunikasi tertentu. Maka, dalam satu halaman website biasanya akan terdiri dari berbagai macam berkas yaitu seperti gambar, video, teks, file, dan sebagainya. Web server berfungsi juga untuk memindahkan seluruh aspek pemberkasan dalam halaman tersebut. Setelah menekan Center, browser akan melakukan permintaan ke web server. Ya, disitulah fungsi si web server. Si web server akan mencarikan data yang diminta ke web server, kemudian mengirimkan data itu ke browser atau juga menolaknya jika data yang dicari tidak ada.

Cara kerja web server secara singkatnya yaitu menerima permintaan dari klien dan mengirimkan kembali berkas yang diminta si klien tersebut. Pastikan dalam melakukan pencarian sudah tersambung dengan jaringan internet. Pada saat si klien atau browser meminta data web page ke server, maka instruksi permintaan data oleh browser akan dikemas di dalam TCP. TCP merupakan protokol transport dan dikirim ke alamat yang merupakan protokol berikutnya yaitu HTTP dan atau HTTPS. Itulah secara singkat penjelasan pengertian, fungsi serta cara kerja web server.

0 komentar:

Post a Comment